MOLI NOVITA SARI (PMT IV/D)

Selasa, 08 Juni 2010

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah hirabbil ‘alamin, dengan bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyelesai penulisan makalah ini. Penulis berharap makalah ini bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat sebagai penambah ilmu pengetahuan pembaca tentang Workshop Matematika.

Shalawat dan salam penulis hantarkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad S.A.W yang telah menunjukkan kita jalan yang benar.

Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih karena telah memberikan kepercayaan untuk membahas mata kuliah Workshop Matematika dengan judul “Permainan dan Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Dalam Pembelajaran Matematika

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak terdapat kekurangan – kekurangan diberbagai sisi.

Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi kebaikan makalah ini.

Pekanbaru, April 2010

Penulis



i

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.............................................................................................. i

DAFTAR ISI............................................................................................................. ii

BAB I Pendahuluan................................................................................................ 1

BAB II Pembahasan................................................................................................. 2

1. Permainan ular tangga aljabar....................................................................... 2

2. Pemanfaatan kerikil dalam pembelajaran matematika.................................... 2

BAB III Penutup...................................................................................................... 6



ii

BAB 1

PENDAHULUAN

Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sukar bahkan diaggap momok. Sehingga banyak siswa yang tidak suka mata pelajaran ini. Oleh karena itu, kami menyusun makalah yang membahas tentang permainan dan pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pembelajaran matematika.

Permainan ini kami modifikasi dari ular tangga, dan digunakan untukn mempermudah belajar aljabar. Sehingga aljabar lebih menarik bagi siswa. Ular tangga aljabar ini berisi rumus – rumus tentang aljabar dan gambar – gambar matematika.

Sedangkan untuk pemanfaatan lingkungan sekitar, kami pilih kerikil sebagai medianya. Disini kami akan menjelaskan konsep dasar perkalian dan mencari luas persegi dan persegi panjang.



1

BAB II

PEMBAHASAN

A.PERMAINAN ULAR TANGGA ALJABAR

Permainan ini diciptakan dengan memodifikasi pemainan ular tangga biasa dengan menambah kan unsure-unsur matematika di dalamnya. Permainan ular tangga ini dapat di jadikan sebagai media oleh guru dalam pendalaman materi aljabar sehingga murid bisa lebih memahami materi dengan baik dan lebih menyenangkan.

Permainan ular tangga ini di buat dengan tujuan melatih ketangkasan otak dan penguasaan terhadap aljabar. Sasaran permainan ini adalah siswa-siswi yang telah mempelajari materi aljabar., minimal siswa smp dan sederajat.

a. PERLENGKAPAN PERMAINAN ULAR TANGGA.

· Dadu

· Tempat Dadu

· Pion

· Papan Ular Tangga

· Pemain

b. ATURAN PERMAINAN ULAR TANGGA

· n adalah angka mata dadu yang muncul (1,2,3,4,5,6)

· Jumlah langkah pemain sesuai dengan hasil angka yang didapat setelah mengganti n pada persamaan yang tepat di saat pemain berhenti.

· Apabila hasil angka yang didapat 0 maka pemain tidak dibenarkan berjalan dan hanya diam di tempat

· Apabila hasil angka yang didapat positif maka pemain berjalan maju.

·

2

Apabila hasil angka yang didapat negatif maka pemain berjalan mundur

· Apabila pemain berhenti di kotak yang ada tangga maka pemain bisa naik sedangkan apabila pemain berhenti di tempat ada ular maka pemain harus turun.

· Jika langkah pemain berhenti pada kotak yang berisi gambar maka maju senilai n.

· Jika pemain sudah dampai di kotak tertinggi yang bergambar albert enstein berarti pemain telah memenangkan permainan ini.

· Jika pemain berada di kotak yang sama maka pemain yang pertama masuk ke kotak harus mengulang dari awal (tuncik).

c. Gambar Konsep Permainan Ular Tangga Aljabr



3












B. PEMANFAATAN KERIKIL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Kerikil merupakan salah satu bahan bangunan. Tetapi mempunyai fungsi lain dalam kehidupan sehari – hari. Salah satu contohnya dalam proses pembelajaran matematika. Kerikil dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar, terutama dalam materi perkalian dan mencari luas persegi dan persegi panjang.

Tujuan pemanfaatan kerikil dalam pembelajaran matematika adalah untuk memudahkan pemahaman siswa terhadap perkalian, serta untuk menghilangkan rasa jenuh dalam proses belajar mengajar.

Misal guru menyusun kerikil dalam bentuk susunan

Ada berapa strategi jawaban siswa :

(1) Menghitung satu demi satu, hingga mendapat jumlah seluruhnya.

(2) Menghitung jumlah kelereng disetiap baris (ada empat baris masing masing sembilan kelereng) lalu menjumlahkan seluruh baris.

(3) Menghitung jumlah kelereng disetiap kolom (ada Sembilan kolom masing–masing empat kelereng) kemudian menjumlahkan seluruh kolom.

Strategi kedua dan ketigalah sebagai modal dasar pementukan konsep dan makna perkalian. Empat ada sembilan buah atau sembilan sebanyak empat buah. Empat ada sembilan kali atau sembilan ada empat kali. Sehingga penjumlahan berulang ini bisa dinotasikan dengan 4 x 9 atau 9 x 4.

Kerikil juga dapat dimanfaatkan dalam luas persegi dan persegi panjang. Luas persegi adalah sisi x sisi, sedangkan luas persegi panjang adalah panjang x lebar.

4

Misalnya, kerikil disusun dalam bentuk persegi panjang. Maka siswa dapat menghitung luas persegi panjang tersebut dengan cara mengitung jumlah kerikil pada sisi panjang dan jumlah kerikil pada sisi lebar. Kemudian dapat dihitung luasnya dengan mengalikan jumlah kerikil sisi panjang dengan jumlah kerikil sisi lebar.s



5

BAB III

PENUTUP

3.1. KESIMPULAN

Permainan ular tangga ini kami buat untuk memudahkan pendalaman materi aljabar kepada siswa sehingga materi aljabar lebih menarik.

Pemanfaatan kerikil sebagai media pembelajaran matematika di tujukan untuk anak Sekola Dasar dalam materi perkalian dan pada materi Luas Persegi dan Persegi Panjang.

3.2 SARAN

6

Kami menyadari makalah ini masih banyak kekurangan oleh karena itu kami meminta kritik dan saran dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini berguna bagi kita semua.

1 Komentar:

Blogger Melly Andriani mengatakan...

kok tampilan tulisanya berantakan

1 Juli 2010 pukul 02.25  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda